2.8.08

BATIK all the way

Hari Minggu tanggal 3 Agustus 2008.

Hari aku harus mengerjakan segala tugasku, semua tugas bermuara pada hari Minggu. Memang kusengaja seperti itu, bukan apa, hanya pada hari itulah aku sedang sempat-sempatnya berkelana bersama ilmu pengetahuan lewat pekerjaan rumah.

Hari ini aku mengerjakan tugas yang kurang lebih kusukai. Tak kepalang tanggung, mengerjakan makalah. Makalah kesenian susah-susah gampang untuk dikerjakan. Mengingat tenggat waktu yang kusia-siakan dengan sengaja, aku semakin mengutuki diriku, karena sekarang pekerjaan itu melemaskan jemari-jemariku.

Tak masalah. Sungguh! Aku sudah terbiasa. Namun apa yang akan kusampaikan kali ini sebenarnya membuatku ngilu. Aku mendapat tugas membuat makalah batik. Pastilah sebagai orang modern yang sibuk, aku hanya sempat mencari literatur lewat internet, perpustakaan maya yang sering kali membuatku miris terhadap negeriku tercinta.

Beberapa situs tentang batik telah kukunjungi, tapi hanya sedikit memberikan informasi. Berulang kali button back telah kupencet untuk kembali ke halaman pencarian Google. Hampir aku putus asa, hampir aku ingin menyerahkan makalah ala kadarnya kepada guruku hari Kamis nanti. Sampai akhirnya kutemukan sebuah situs berbahasa Inggris yang menbuatku tercengang! Mereka membahas batik layaknya ensiklopedia, sangat edukatif dan lengkap!!! Hingga mereka juga mendapatkanGolden Crane Creativity award for its contributions towards providing instructional information on batik.

Excuse me?

Keberatan jika kukatakan bahwa situs berbahasa Indonesia tentang batik kurang memberiku literatur?

Aku tak begitu tahu, namun aku cukup bangga melihat domain id pada alamat web itu. Tapi mengapa hanya itu? Mana yang lain yang lebih berbahasa Indonesia?

Bukannya tidak menyukai bahasa asing, tapi pembahasan literatur menggunakan bahasa Indonesia sangat membantu, barang kali bisa membah minat baca.

Tapi, satu hal lagi, masihkan orang yang menulis literatur tentang batik itu orang Indonesia???

No comments: