3.8.08

Buku Sekolah Elektronik Kok Nggak Ada yang Mengenai Pelajaran TIK ???

Baru beberapa hari yang lalu aku berniat membeli buku TIK. Tapi sayang, buku terbitan yang kucari tak ada di daerahku. Tak sempat bila aku harus keluar daerah sekedar untuk mencarinya.

Tapi malam itu, aku melihat tayangan Metro TV tentang buku elektronik yang marak diperbincangkan itu. Marak juga dicari situsnya untuk download oleh teman-teman.

Mengetahui iklan layanan masyarakat yang menyertai tayangan itu, aku makin penasaran dengan situs http://bse.depdiknas.go.id. Paginya, kuputuskan ke warnet sekedar cari info. Tapi ketika berhasil kubuka halaman utama situs itu, lalu berlanjut ke link SMA, aku kecewa.

Buku yang disediakan tak lebih dari 3 mata pelajaran yang di-UNAS-kan tahun lalu, dan selalu dianggap penting melebihi yang lain, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Yang lain? Nihil!

Aku mulai bingung. Sebegitu sulitkah mencari pengarang yang rela tak dibayar demi kemajuan pendidikan Indonesia?
Atau sebegitu sulitkah mengarang untuk diterbitkan?
Aku miris. Di negara lain, semua orang bisa mengobrak-abrik dunia ilmu tanpa uang yang banyak. Semua orang mengarang sesukanya dan dipublikasikan sesukanya.

Katanya buku gratis. Masak iya? Buku Teknologi Informasi&Komunikasi saja tak tersedia yang elektronik. . .

No comments: